Pin Blackberry

Diantara jajaran seluruh smartphone, BlackBerry merupakan smartphone dengan tinggkat keamanan tertinggi. Faktor pengamanan yang terdapat pada BlackBerry sangatlah lengkap. Mulai dari sistem pengamanan di unit handheld nya, hingga sistem pengamanan di sistem operasinya.

Untuk operasi pengamanan di sistem operasinya, ada sebuah nomor identitas yang dikenal secara umum sebagai PIN alias Personal Identification Number. Nomor PIN pada BlackBerry sifatnya adalah unik dan spesifik. Artinya di setiap unit handheld BlackBerry terdapat PIN yang tidak bisa diubah atau dipindahkan ke unit lain. Nomor PIN ini akan terus menjadi identitas handheld sejak awal produksi hingga digunakan oleh user. Fungsi nomor PIN ini tidak hanya sebagai identitas handheld nya saja. Tapi juga untuk kebutuhan registrasi dan koneksi. Nomor PIN inilah yang berfungsi mengaktifkan unit BlackBerry di jaringan komunikasi data global selama 24 jam nonstop. Nomor PIN ini pula yang membuat network antar pengguna BlackBerry terealisir. Fungsi komunikasi antar pengguna BlackBerry menjadi mudah dan murah. Serta yang lebih penting lagi komunikasi dengan nomor PIN ini tidak bisa disusupi oleh program apapun, sehingga komunikasi yang dilakukan melalui PIN tidak akan bisa disadap. Booming handheld BlackBerry serta munculnya model-model terbaru yang lebih canggih, membuat booming pula asksi pembajakan. Kira-kira pada akhir Desember 2008 lalu keyakinan para pengguna atau calon pengguna BlackBerry goyah.
Calon pembeli handheld BlackBerry saat ini mungkin sudah mengetahui cara-cara untuk mengecek handheld layak beli atau tidak. Salah satu proses pengecekan adalah dengan mencocokkan nomor PIN yang terdapat di 3 lokasi. Lokasi yang pertama adalah di dalam sistem, lokasi kedua pada stiker yang posisinya ada di tempat menaruh baterai pada handheld, lantas lokasi ketiga pada boks atau dus handheld. Tapi meski PIN pada ketiga lokasi sudah di cek dan sama persis, bukan berarti juga handheld tersebut telah aman alisa PIN nya bisa dipercaya.
Ada beberapa ciri yang bisa menunjukkan PIN patut dicurigai. Ciri-ciri tersebut adalah:
1. Pin berkepala 20 Hanheld BlackBerry bisa di bagi ke dalam 2 generasi. Generasi pertama adalah yang masih menggunakan trackwheel, sedangkan generasi keduanya sudah menggunakan trackball. Handheld generasi pertama memiliki nomor PIN yang kepalanya nerangka 20, sedangkan handheld generasi kedua yang banyak beredar saat ini nomor PIN nya pasti berkepala 24 atau 25. Sekiranya menemukan handheld baru dengan kepala PIN 20, bisa dipastikan PIN nya adalah hasil kloningan dari handheld generasi trackwheel.
2. PIN berkepala 3 Memang ada handheld BlackBerry dengan nomor PIN berkepala angka 3. Hanya saja handheld dengan PIN seperti ini adalah khusus untuk versi CDMA. Jadi jika menemukan handheld versi GSM dengan kepala PIN 3 yang khusus untuk versi CDMA, jelas PIN tersebut hasil kloningan.
3. PIN berkepala 4 Meski tidak banyak yang tahu, tapi ada juga handheld BlackBerry dengan PIN berkepala angka 4. Handheld dengan PIN seperti ini adalah yang bekerja pada jaringan IDENT yang hanya dirilis di Amerika. Jika PIN seperti ini ditemukan pada handheld versi GSM, tentu saja berasal dari hasil kloningan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: